sambas blogger community

Jumat, 14 Januari 2011

ketika tidak bisa membuat koneksi dial up

Dua hari kemarin, saya mendapati masalah ketika akan membuat koneksi baru pada komputer yang saya gunakan. Sebelumnya, komputer ini bisa dapat digunakan dengan normal, tanpa masalah terkait pembuatan koneksi dengan modem dial-up. Karena sesuatu hal, saya uninstall berbagai program yang ada termasuk aplikasi connection manager dari modem Huawei E220 dan LG KU250. Masalah saya ketahui setelah saya mencoba kembali menginstall aplikasi Mobile Partner modem Huawei E220. Ketika akan melakukan koneksi dengan parameter yang sudah saya lengkapi, saya mendapatkan pesan “ Connection Terminated ”. Begitu yang terjadi ketika saya mengulanginya. Saya pun mencoba melakukan koneksi melalui New Connection Wizard Windows dari Control Panel – Network Connection . Seperti sering saya lakukan, setelah memilih pilihan Connect to Internet , saya pilih Setup my connection manually , dan seharusnya langkah berikutnya adalah memilih Connect using a dial-up modem . Namun pada langkah terakhir ini saya mendapati dua pilihan pertama yaitu Connect using a dial-up modem dan Connect using a Broadband connection that requires a your name and password menjadi warna abu-abu dan tidak dapat dipilih. Dan tentunya saya tidak dapat melanjutkan langkah berikutnya. Kemungkinan masalah terjadi setelah saya menguninstall program dan aplikasi, tetapi samapai sekarang saya tidak dapat mengetahui program mana yang proses uninstall-nya menyebabkan masalah tersebut atau memang masalah Windows lainnya. Meninggalkan tanda tanya mengenai penyebabnya, saya berangkat untuk mencari solusinya. Saya melihat ke Control Panel – Administratives Tools – Services . Terlihat di daftar services, Remote Access Connection Manager berada pada status Stop, dan ketika saya mencoba menjalankan dengan memilih Start, saya mendapati pesan Error 5 : Access Denied , padahal setelah dilihat propertiesnya pada tab Log on, di situ sudah terpilih Local System Account. Dependencies service ini pun yaitu Telephony sudah berstatus Started. Saya sendiri dalam menggunakan Windows, login sebagai Administrator. Saya kemudian melihat ke Control Panel – Administratives Tools – Event Viewer . Dari situ saya mendapati banyak sekali pesan error bersumber dari Rasman dan Service Control Manager yang memnag terkait dengan masalah di atas. Bunyi description error dan information yang diberikan: Remote Access Connection Manager failed to start because it could not create buffers. Restart the computer. Access is denied. (Error, Source: RasMan) The Remote Access Connection Manager service was successfully sent a start control. (Information, Source: Service Control Manager) The Remote Access Connection Manager service entered the stopped state. ( Information, Source: Service Control Manager) The Remote Access Connection Manager service terminated with the following error: Access is denied. (Information, Source: Service Control Manager) Bebekal pesan error dan nama service tersebut saya googling menggunakan browser handphone. Saya temui beberapa masalah dan solusinya termasuk di situs Microsoft. Namun begitu, dari berbagai solusi yang ditemui ( kecuali install ulang atau repair Windows) saya coba terapkan, namun setelah edit dan restore registry dan restart beberapa kali, tidak ada satupun yang menyelesaikan masalah yang terjadi. Berangkat dari beberapa solusi yang tidak membuahkan hasil, saya mencoba cara “ ngawur”. Saya export registry dari komputer anak saya yang sama-sama menggunakan Windows XP SP2 pada key HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentCont dan juga HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ , dan juga file-file .dll berawalan ras dan semua file-file ber-extension .tsp di Windows/System32. Saya lakukan merge registry dan saya copy file- filenya pada lokasi yang sama dengan masuk ke Safe Mode Windows. Setelah restart dan mencoba membuat koneksi dari New Connection Wizard, ternyata hal yang sama masih terjadi. Kemudian saya lihat service Remote Access Connection Manager berubah statusnya menjadi Disable seperti status pada komputer anak saya. Saya ubah ke manual dan memilih Start, ternyata sekarang bisa berjalan. Saya jalankan juga service Remote AccessAuto Connection Manager. Setelah itu, saya kembali mencoba New Connection Wizard, dan pada tahap untuk memilih Connect using a dial-up modem , sudah bisa dilakukan. Saya tidak lanjutkan, dan seperti saya perkirakan membuat koneksi dengan Mobile Partner modem Huawei E220 pun dapat dilakukan. Apa yang saya tuliskan di atas hanya sekedar cerita. Saya sendiri tidak paham sekali dengan sistem Windows dan apa yang saya lakukan di atas hanya berdasarkan mencoba-coba. Bisa jadi hanya sebagian file yang rusak atau record registry yang bermasalah, tapi karena saya lakukan secara serentak saya tidak bisa memastikan mana-mana yang menyebabkan masalah teratasi.  Saya tidak akan mengatakan bahwa ini solusi yang baik jika Anda menghadapi masalah serupa, tapi bisa dicoba dilakukan sebelum melakukan install ulang Windows.Slamet_Fifin